+6281288813398 ptmadinahindahwisata@gmail.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login
+6281288813398 ptmadinahindahwisata@gmail.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

Macam – Macam Tawaf di dalam Haji atau Umroh

Macam – macam Tawaf tersedia 4 (empat) yaitu Tawaf Qudum, Tawaf Wada, Tawaf Sunat dan Tawaf Ifadah.

Tawaf itu sendiri merupakan kesibukan mengitari kabah sebanyak tujuh kali. Merupakan keliru satu amal ibadah yang dilaksanakan oleh umat islam saat pelaksanaan ibadah Haji atau Umroh.

Macam – Macam Tawaf

Tawaf Qudum

Merupakan tawaf pertama yang dilaksanakan saat kami tiba di Mekah. Nama lain sebutan dari Tawaf Qudum adalah Tawaf Dukhul yaitu tawaf pembuka atau tawaf selamat datang

Setiap kali memasuki Masjidil Haram, Nabi Muhammad SAW lebih dulu jalankan Tawaf sebagai pengganti shalat Tahiyyatul Masjid. Dari peristiwa yang terjadi ini maka disebut juga Tawaf Masjidil Haram. Hukum jalankan Tawaf Qudum adalah Sunat, maka andaikan tidak jalankan Tawaf Qudum tidak membatalkan Ibadah haji ataupun Umroh.

Bagi wanita, jalankan Tawaf Qudum tidak kudu berlari – lari kecil sebab memadai bersama dengan terjadi biasa.  Tawaf Qudum ini juga boleh tidak disambung bersama dengan Sa’i, namun andaikan disambung maka Sa’inya sudah juga Sa’i haji. Oleh sebab itu kala Tawaf Ifadah jama’ah tidak kudu kembali jalankan Sa’i.

Bagi wanita yang sedang haid atau Nifas dilarang jalankan Thawaf Qudum.

Tawaf Sunat

Adalah macam tawaf yang mampu dilaksanakan kapan saja. Kalau dilaksanakan kala baru memasuki Masjidil Haram, Tawaf ini berfungsi sebagai pengganti shalat Tahiyatul Masjid. Tawaf sunat yang inilah yang dimaksud atau disebut Tawaf Tathawwu.

Tawaf Ifadah

Tawaf Ifadal juga disebut Tawaf Ziarah atau Tawaf Rukun. Tawaf Ifdal sendiri adalah keliru satu rukun haji yang kudu dilaksanakan,  andaikan tidak melakukannya maka hajinya batal. Sebagaimana Firman Allah sebagai berikut  :

ثُمَّ لْيَقْضُوا تَفَثَهُمْ وَلْيُوفُوا نُذُورَهُمْ وَلْيَطَّوَّفُوا بِالْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya:

Kemudian, mereka  hendaklah menghalau kotoran yang tersedia terhadap badan mereka dan hendaklah mereka menyempurnakan nazar-nazar mereka dan hendaklah mereka jalankan jalankan thawaf sekeliling rumah yang tua itu (Baitullah). (Al-Hajj ayat 29).

Macam dari Tawaf ini dilaksanakan sehabis semua ibadah Haji sudah diselesaikan yaitu ; melontar jumrah Aqabah, membayar dam dan juga Tahallul Akhir (Mencukur) lantas disunatkan memakai wewangian sehabis jama’ah tidak Ihram.

Tawaf Wada

Arti dari kata wada adalah perpisahan. Tawaf Wada (Tawaf perpisahan) juga disebut Tawaf Shadar (Tawaf kembali).

Tawaf Wada juga disebut bersama dengan Tawaf Shadar (Tawaf Kembali) sebab sehabis itu jama’ah Haji atau Umroh wisata halal bakal meninggalkan Makkah untuk ketempat masing-masing. Tawaf ini memadai dilaksanakan bersama dengan terjadi biasa. Dalam pelaksanaannya mirip bersama dengan Tawaf yang lainnya, bakal namun do’a yang dibaca berlainan untuk semua putaran.

Bagi jama’ah Haji atau Umroh yang belum jalankan Tawaf ini belum boleh untuk meninggalkan Makkah, sebab hukumnya Wajib. Bila tidak dilaksanakan maka kudu membayar Dam dan andaikan sudah mengerjakan maka tidak dibenarkan kembali tinggal di Masjidil Haram. Jika Jama’ah sudah muncul Masjid, maka hendaklah segera pergi sebab terkecuali jama’ah masih kembali ke masjid diharuskan mengulang Tawaf Wada ini.

Wanita yang sedang Haid dibebaskan dari Thawaf wada dan ia boleh segera meninggalkan Makkah.

Demikiannya penjelasan berkenaan macam – macam tawaf yang kudu kami ketahui dan melakukannya saat jalankan ibadah haji atau ibadah umroh.

Semoga artikel ini menjadi pengingat kami semua dan menjadi ilmu yang bermanfaat.

Aamiin Ya Rabbal’alamiin

Leave a Reply

Ada Pertanyaan?

Jangan ragu dan sungkan untuk bertanya informasi dan masalah terkait Umroh, InsyaAllah kami siap membantu.

+6281288813398

ptmadinahindahwisata@gmail.com

Paste this code in your HTML editor where you would like to display the counter, at the bottom of the page, in a table, div or under a menu.